Aku adalah anak laki-laki yang lahir di Jakarta, 17 Desember 1995. Ketika waktu SMP hingga SMK, waktuku banyak kuhabiskan untuk bermain game. Mulai dari pagi hingga pagi lagi, aku terbiasa menghadapi layar komputer. Tapi, semua itu mulai berubah ketika aku masuk kuliah.

Perasaan haru serta bahagia menjadi bagian dari anak SMK yang berhasil masuk kuliah di PTN, menjadi kesan tersendiri buatku. Tekad bulat telah kutanamkan. Aku akan membahagiakan orangtua di masa senja mereka. Maka, aku mulai serius belajar, berorganisasi untuk mengembangkan potensi, dan sebagainya.

Hingga tiba masa ketika aku bertemu dengan seorang guru, yang juga teman, dan seorang kakak buatku. Beliau mengajarkan bagaimana menjadi sebuah gelombang pembawa perubahan. Juga mengajarkanku menjadi seorang ‘ksatria’ penerus perjuangan para Nabi dan Rasul.

Dalam suatu waktu, beliau mengatakan, “Biasakanlah menulis gagasan sekecil apapun itu. Kalian adalah aset berharga bagi bangsa dan agama. Jadilah orang-orang pembawa perubahan bagi negeri dan umat ini.”

Maka, mulai dari titik inilah aku sadar bahwa aku harus belajar menjadi solusi bagi negeriku, bangsaku, dan agamaku…

– SAM

Advertisements